Program Sarjana Terapan Teknik Sipil

Program Sarjana Terapan Teknik Sipil

Pernyataan Profil Profesional Mandiri (PPM) Program Studi D4 Teknik Sipil, Departemen Teknik Infrastruktur Sipil, Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah sebagai berikut:

  1. Profesional teknik sipil yang mengintegrasikan ilmu rekayasa dan manajemen untuk merancang, mengimplementasikan, dan mengawasi sesuai standar dan teknologi terkini untuk proyek infrastruktur sipil yang efisien dan berkualitas.
  2. Individu yang berperan sebagai profesional atau wirausahawan dengan integritas tinggi, berkontribusi secara aktif dan kreatif dalam tim multidisiplin atau mandiri, dengan memperhatikan faktor sosial, ekonomi, dan lingkungan.
  3. Ahli teknik sipil yang terampil menerapkan pengetahuan teknis, matematika, dan prinsip rekayasa dalam analisis kritis, dalam pengembangan solusi untuk perbaikan dan pemeliharaan konstruksi berkelanjutan.
  4. Individu yang berkomitmen pada pembelajaran seumur hidup dan peningkatan kemampuan profesional melalui jenjang Pendidikan profesi dan akademik dalam rangka mengadopsi teknologi inovasi dan efisiensi bidang rekayasa sipil.

Profil Profesional Mandiri (PPM) adalah kualifikasi yang menggambarkan kemampuan dan keahlian yang harus dimiliki oleh lulusan suatu program studi, yang memungkinkan mereka untuk bekerja secara mandiri atau dalam tim, dan secara efektif di lingkungan profesional. Kerangka waktu tinjauan PPM ini adalah 3-5 tahun setelah mahasiswa lulus dari program studi.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi D4 Teknik Sipil, Departemen Teknik Infrastruktur Sipil, Fakultas Vokasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah sebagai berikut:

  • Mampu menunjukkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, integritas, kepekaan sosial, dan kemampuan komunikasi yang efektif.
  • Mampu menganalisis dan membuat keputusan berbasis metode ilmiah baik secara mandiri maupun dalam tim di area teknik sipil.
  • Mampu mengelola pembelajaran mandiri dan beradaptasi dengan inovasi teknologi untuk penyelesaian masalah.
  • Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pekerjaan konstruksi.
  • Memahami dan menerapkan prinsip manajemen proyek dalam konstruksi.
  • Mampu menerapkan SOP dan prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di area teknik sipil.
  • Mampu menerapkan sains dan matematika untuk desain, pelaksanaan, pengawasan, dan perbaikan konstruksi bangunan sipil.
  • Mampu menerjemahkan desain teknis ke pelaksanaan lapangan dengan efisiensi dan kualitas.
  • Mampu mengelola survei kuantitas untuk memastikan kesesuaian material sesuai spesifikasi
  • Mampu menyusun dan mengkomunikasikan laporan secara bertanggung jawab kepada pemberi kerja.
  • Mampu melaksanakan konstruksi sesuai rancangan teknis yang ada dalam dokumen kontrak.
  • Mampu mendesain perbaikan dan perkuatan struktur secara terbatas untuk menjaga standar layanan konstruksi bangunan sipil.

CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan) adalah serangkaian hasil pembelajaran yang harus dicapai oleh lulusan sebuah program pendidikan tinggi pada akhir proses belajar mereka. CPL dirancang untuk menggambarkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang harus dimiliki lulusan, yang mencerminkan apa yang mereka ketahui, apa yang mereka bisa lakukan, dan bagaimana mereka berperilaku dalam konteks profesional setelah menyelesaikan program studi.

Program Sarjana Terapan (S.Tr) beban kredit minimal 144 SKS dan ditempuh dalam waktu 4 (empat) tahun. Bila program S-1 (Sarjana) merupakan program pendidikan akademik dan berorientasi pada pengembangan keilmuan dan penelitian, maka program Sarjana Terapan merupakan program vokasi (terapan) yang bersifat lebih kearah aplikasi/penerapan prinsip-prinsip keilmuan untuk keperluan praktis dan dengan tujuan utama agar lulusan yang dihasilkan siap kerja.
Selain kemampuan akademis dan teknis, mahasiswa Sarjana Terapan Teknik Sipil akan dibekali juga dengan kemampuan berkomunikasi efektif melalui media lisan dan tulisan, serta kemampuan berorganisasi dan soft skill lainnya, seperti Kemampuan Berbahasa Asing; mendayagunakan Teknologi Informasi; Pengetahuan Etika & Tanggung-jawab Profesi; Kepribadian Berintegritas Tinggi; Technopreneur; Kepemimpinan serta Kerjasama Dalam Tim. Lulusan Sarjana Terapan Teknik Sipil juga dapat melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi misalnya, Magister (S2), Magister Terapan (S2 terapan), Doktor (S3), serta Doktor Terapan (S3 terapan).

Kurikulum

Kurikulum Sarjana Terapan Teknik Sipil didesain untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi menjadi engineer perencana, pelaksana, pengawas, dan pemeliharaan bangunan sipil seperti jalan, jembatan, gedung, dan dermaga. Untuk dapat mencapai kompetensi tersebut, maka capaian tingkat kompetensi mahasiswa yang dicapai sebagai berikut:

  • Tahun ke-1: Kemampuan menggambar teknik, berbahasa, pengetahuan basic science, agama, dan nasionalisme.
  • Tahun ke-2: Kemampuan melakukan surveying dan testing material sesuai standard SNI / Standard internasional yang diadopsi.
  • Tahun ke-3: Kemampuan menghitung rekayasa struktur bangunan sipil, rencana anggaran biaya dan dasar desain bangunan sipil.
  • Tahun ke-4: Pengetahuan metode pelaksanaan, pengawasan, K3L, dan pemeliharaan bangunan sipil serta etika dan aspek hukum pada proyek konstruksi.

Mata Kuliah

Program ini akan memberikan ilmu dalam berbagai bidang konstruksi, manajemen pengendalian proyek,transportasi dan konsentrasi bangunan air.

Berikut mata kuliah yang dipelajari tiap semester di program studi sarjana terapan (Diploma Empat) terbagi dalam beberapa tahun kurikulum, yaitu kurikulum tahun 2019 dan tahun 2023