Lab. MBP – Riset dan Penelitian

GRUP RISET DAN PENELITIAN

PENELITIAN LABORATORIUM

PENELITIAN DOSEN

Penelitian Bapak Achmad Syaifudin

Penelitian Bapak Yunus

Penelitian Bapak Julendra

Penelitian Bapak Yusuf Kaelani

VISUAL DESIGN & ENGINEERING STRUCTURE

Structural Analysis of Bogie Frame LRT Palembang Affected by Gradient Resistance, Curve Resistance, Acceleration, and Emergency Braking

Kajian ini melakukan analisis deformasi secara numerik terhadap coupling element dari automatic mechanical coupler yang digunakan pada tipe kereta ringan (Light Rail Transit, LRT) berdasarkan beban aktual yang diterima. Bagian coupling element yang diteliti adalah coupling link dan hooked plate. Model solid 3D dibuat tanpa penyederhanaan untuk hasil simulasi yang lebih mendekati fenomena aktual. Material isotropik yang digunakan adalah baja ASTM A633 Grade E.


Oleh: Andhika Muttaqien Priyambodo

Supervisor:

Achmad Syaifudin, ST., M.Eng, Ph.D

Ir. Julendra Bambang Ariatedja, MT


Project:

Perancangan Coupler pada Kereta Ringan

Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Kecepatan Putar terhadap Temperatur dan Tensile Strength pada Friction Welding dengan Material High Density Polyethylene

Pengelasan gesek atau disebut dengan friction welding adalah sebuah proses pengelasan solid-state dimana penyambungan terjadi oleh panas akibat perputaran permukaan bahan yang akan dilas terhadap permukaan lainnya di bawah pengaruh tekanan aksial (tekanan gesek dan tekanan tempa). Proses pengelasan ini sangat dipengaruhi oleh kecepatan putar, durasi gesekan, tekanan aksial, sifat material dan kondisi permukaan benda kerja. Penelitian ini memvariasikan kecepatan putar sebesar 300 rpm, 520 rpm dan 750 rpm dalam durasi gesekan 15 detik dengan diberikan tekanan gesek sebesar 37,51
kgf/cm2 sampai mencapai temperatur tertentu, kemudian diberikan tekanan tempa sebesar 75,02 kgf/cm2 . Material yang digunakan yaitu High density Polyethylene-300 (HDPE) Pengujian mekanik yang dilakukan adalah uji tarik dengan membandingkan HDPE yang disambung menggunakan lem perekat.


Oleh: Miftahul Ahzabuddin

Supervisor:

Ir. Yusuf Kaelani, M.Sc.E

Fatigue Analysis for Slewing Tower Level Luffing Crane using Finite Element Method

Timbulnya crack terjadi pada bagian tower Slewing Tower Level Luffing Crane yang diproduksi oleh PT. Lelangon pada tahun 2014 telah beroperasi di Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. Crane ini biasanya digunakan untuk mengangkat dan memindahkan tongkang kayu dari kapal ke darat. Dalam penelitian ini, saya mencoba menganalisis apa penyebab utamanya melalui analisis kelelahan.


Oleh: Hanun Cahyono

Supervisor: Ir. Julendra Bambang Ariatedja, MT

Airless Tyre Analysis

EXPERIMENTAL & INNOVATION IN MULTIDISCIPLINARY MECHANICS

PERANCANGAN DAN ANALISA SISTEM TRANSMISI PADA INFRASTUCTURAL MOBILE DARI HASIL PERTANIAN

Dalam penelitian ini dilakukan perancangan dan analisa sistem transmisi infrastuctural mobile dari hasil pertanian. Sumber daya yang digunakan adalah mesin diesel. Putaran mesin diesel ini di transmisikan dengan roda gigi sehingga menghasilkan dua output yang berlawanan arah. Masing-masing roda gigi yang berlawanan arah ini dihubungkan dengan poros transmisi yang menggerakkan pulley. Transmisi pulley- v belt dengan putaran yang berlawanan arah ini selanjutnya menggerakkan poros transmisi satu. Selanjutya putaran dari poros transmisi satu ke poros transmisi dua dihubungkan dengan CVT untuk mendapatkan differential kecepatan. Selanjutnya poros transmisi dua yang terhubung ke roda kiri dihubungkan ke poros roda kanan dengan mekanisme diffenrential.


Oleh: Nur Faiha Rahim Supervisor: Ir. Julendra Bambang Ariatedja, MT


Project:

Development of Power Transmission and Vehicle Structure

Design and Performance Analysis of Brushless DC Motor Cooling System for Low-Cost Manufacturing Process

Pada penelitian ini penulis memodelkan motor dengan Ansys Maxwell untuk mendapatkan model parameter sumber panas dari geometri motor. Software Fluent digunakan untuk melakukan Simulasi temperatur pada motor menggunakan sistem pendingin yang dirancang, kemudian divalidasi dengan percobaan. Analisis termal penelitian ini membandingkan performa motor dengan penggunaan air dan minyak. Kecepatan aliran dibandingkan dengan efisiensi daya radiator.


Oleh: Ayuning Fitri Desanti, Yoga Uta Nugraha, M Nur Yuniarto, Alief Wikarta


Project:

IOP Conference Series: Materials Science and Engineering

Vulnerability analysis on the interaction between Asymmetric stent and arterial layer

The utilization of Asymmetric stent for recovering atherosclerotic diseases, particularly non-symmetric obstruction, is a quite challenging breakthrough treatment. In terms of eccentric plaque, the non-uniform stiffness of arterial layer causes the increasingly complex issues of vulnerability. This study investigated the vulnerability of the interaction between the Asymmetric stent and the surrounding arterial layer using structural transient dynamic analysis in ANSYS. Four combinations of stent deployment, i.e. the Sinusoidal stent expanded by the offset balloon, the Sinusoidal stent expanded by the ordinary cylindrical balloon, the Asymmetric stent expanded by the offset balloon, and the Asymmetric stent expanded by the ordinary cylindrical balloon, are generated for this comparative study. Multilayer material properties from recent in vitro experiments are adopted for the surrounding arterial layer, such as a fibrous cap, lipid core, diseased-healthy intima, and diseased-healthy media


Oleh: Achmad Syaifudin, Julendra B. Ariatedja, Yusuf Kaelani, Ryo Takeda, Katsuhiko Sasaki


Project:

Bio-Medical Materials and Engineering 30 (2019) 309–322

Magnetic Gear Experiment

Open chat
💬 Need help?
Hello 👋
Can we help you?