Menulis adalah proses panjang yang dapat berbeda dari orang ke orang. Beberapa orang memulai proses menulis dengan menulis bebas, sementara yang lain mungkin mempersiapkan struktur tulisannya terlebih dahulu. Faktanya, tidak ada pendekatan universal yang baku dalam menulis. Anda dapat memulai menulis pada tahap mana pun yang sesuai dengan kebutuhan Anda, namun kemampuan menulis memerlukan lebih dari sekadar penggunaan huruf dan angka untuk menyusun teks; kegiatan menulis juga mempunyai proses yang akan membantu untuk meningkatkan keterampilan menulis Anda seiring waktu. Untuk itu, Anda dapat melihat Proses Menulis (pra-penulisan, drafting, revisi, editing, dan proofreading) yang diadaptasi dari Aliotta (2018) di bawah ini. Gambar di atas juga dapat membantu Anda untuk mengevaluasi perjalanan menulis Anda.
Langkah pertama dalam menulis adalah membaca untuk mengumpulkan tinjauan pustaka dan mengaturnya sesuai kebutuhan (Aliotta, 2018). Anda harus memiliki informasi yang cukup untuk membuat suatu tulisan. Ide kegiatan pra-penulisan lainnya dapat diakses melalui link berikut.
Setelah memiliki sumber daya yang melimpah, drafting atau membuat draf dapat menjadi langkah selanjutnya dalam proses menulis. Sebelum benar-benar menulis sebuah teks, kita dapat mendiskusikan penelitian kita dengan seseorang yang lebih ahli, menyelesaikan struktur teks, membuat peta pikiran (mind map), atau langsung menulis bebas (Aliotta, 2018). Teks hasil drafting bukan merupakan tulisan yang sempurna, oleh karena itu, Anda dapat berfokus untuk memperjelas pernyataan dan isi tesis terlebih dahulu. Setelah itu Anda dapat berfokus pada perbaikan kalimat. Tahapan kegiatan drafting lainnya dapat diakses melalui link berikut.
Setelah menulis draf, penting untuk memeriksa dan merevisi apa yang telah Anda tulis. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, Anda dapat melakukannya berdasarkan tingkat urgensi draf Anda (Aliotta, 2018) dan menulis ulang atau mengembangkan lebih banyak paragraf (Langan.2008). Oleh karena itu, Anda mungkin harus melakukan proses ini berulang kali. Untuk membantu Anda dalam proses revisi, berikut adalah beberapa link dan strategi yang bisa Anda ikuti.
Editing dan proofreading mungkin sering disalahartikan sebagai tahapan yang sama. Berbeda dengan proofreading, editing lebih berfokus pada perbaikan inti tulisan. Beberapa area yang dapat diedit diantaranya adalah gaya pengeditan, tata bahasa, informasi yang berlebih, atau pernyataan negatif (Aliotta,2018). Di sisi lain, proofreading biasanya melibatkan perbaikan format referensi, tata bahasa, dan ejaan (Aliotta, 2018). Kegiatan proofreading lainnya seperti pengecekan tenses, tanda baca, akhiran kata, kosa kata, ejaan, dan susunan kata (Bailey, 2015). Beberapa link di bawah ini dapat membantu Anda melalui tahap editing dan proofreading.
Jika Anda memerlukan lebih banyak sumber daya untuk membantu Anda memahami proses penulisan atau menemukan proses penulisan yang cocok untuk Anda, kunjungilah link di bawah ini.
Aliotta, Marialuisa. (2018). Mastering Academic Writing in the Sciences: A step by Step Guide. CRC Press.
Bailey, Stephen. (2015). Academic Writing: A Handbook for International Students (4th ed). Routledge.
Langan, John. (2008). College Writing Skills with Readings (7th ed). Mc Graw Hill.
Meilisa Sindy Astika Ariyanto. September 8 , 2021.
Struktur organisasi sebuah makalah akademis lebih dari sekedar format dokumen atau kumpulan ide yang diberikan dalam beberapa judul (pendahuluan, metode, dll). Struktur organisasi juga dapat membantu dalam mengatur gagasan-gagasan kita, sehingga alur gagasan dapat tersampaikan dengan baik (Ahmady et.al, 2016). Penting untuk diingat bahwa struktur organisasi makalah akademis adalah salah satu pendekatan untuk membantu penulis menyajikan pemikirannya kepada pembaca dengan mudah.
Di antara banyak struktur organisasi, format IMRaD atau IMRaD(C) (Pendahuluan, Metode, Hasil, Pembahasan, dan Kesimpulan) adalah yang paling banyak diterapkan. Jurnal-jurnal populer di seluruh dunia biasanya mengadopsi format IMRaD untuk publikasinya (Trinh et.al, 2020). Namun, perlu diketahui bahwa ada beberapa format struktur organisasi yang harus diikuti berdasarkan jenis penelitian yang Anda lakukan. Review artikel, makalah konseptual, atau hasil studi lapangan adalah contoh makalah yang tidak mengikuti format IMRaD.
Pendahuluan biasanya dimulai dengan konteks atau domain penelitian. Anda mungkin sering melihat bagian pendahuluan banyak makalah dimulai dengan sudut pandang yang luas sebelum sampai pada gagasan yang lebih spesifik. Pendahuluan lazimnya ditulis dari gagasan yang bersifat umum atau luas sampai ke gagasan yang paling sempit (Todorovic, 2003). Bentuk pendahuluan biasanya dikaitkan dengan segitiga terbalik karena gagasan penulis semakin spesifik terhadap tujuan penelitian. Hoghberg (2019) juga mengaitkan struktur kertas dengan struktur jam kaca (lihat gambar di atas). Seperti yang terlihat pada gambar di atas, pendahuluan diawali dengan latar belakang yang diketahui penulis, permasalahan apa saja yang dapat ditemukan, dan solusi atau tujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Untuk membantu Anda memeriksa pendahuluan, lihat beberapa Elemen Pendahuluan/gerakan retorika yang diambil dari beberapa sumber di bawah ini.
Elemen Pendahuluan/gerakan retorika, Todorovic (2003):
Elemen Pendahuluan/gerakan retorika, Nair & Nair (2014):
Metode merupakan gambaran tentang bagaimana proses suatu penelitian dilakukan. Metode harus mencakup semua hal yang dilakukan peneliti untuk mengumpulkan data, hingga bagaimana data tersebut dianalisis. Bagian metode juga harus mencakup informasi yang diperlukan sehingga dapat diulangi oleh peneliti selanjutnya yang ingin melakukan hal yang sama (Nair & Nair, 2014). Elemen-elemen yang tercakup dalam bagian Metode disajikan di bawah ini.
Elemen Metode/gerakan retorika, Todorovic (2003):
Elemen Metode/gerakan retorika, Nair & Nair (2014):
Bagian hasil menyajikan data atau temuan penelitian. Bagian hasil harus mencerminkan jawaban terhadap tujuan atau pertanyaan yang kita cari di bagian pendahuluan. Bagian hasil harus ditulis dengan jelas dan padat karena merupakan bagian yang penting dari sebuah makalah (Nair & Nair, 2014). Untuk membantu Anda terkait bagian Hasil, berikut adalah beberapa elemen-elemen hasil.
Elemen Hasil/gerakan retorika, Todorovic (2003):
Elemen Hasil/gerakan retorika, Nair & Nair (2014):
Sesuai dengan judulnya, bagian ini akan membahas tentang bagaimana cara penulis untuk mendiskusikan hasil atau temuan mereka. Bagian ini biasanya dianggap sebagai bagian yang paling sulit oleh banyak mahasiswa yang telah melakukan konsultasi 1on1 dengan AWC. Anda dapat merujuk pada elemen-elemen yang disajikan di halaman ini untuk membantu Anda dalam membedakan bagian Hasil dan Pembahasan. Singkatnya, bagian Diskusi menggali lebih dalam tentang temuan/hasil Anda dan apa yang dapat Anda simpulkan dari fakta-fakta tersebut; tidak hanya tentang menyajikan data seperti yang biasa kita lakukan di bagian Hasil.
Elemen Diskusi/gerakan retorika, Todorovic (2003):
Elemen Diskusi/gerakan retorika, Nair & Nair (2014):
Kesimpulan dari sebuah karya ilmiah biasanya merujuk kembali pada apa yang telah Anda tulis sebelumnya. Namun, Kesimpulan bukanlah pengulangan, melainkan informasi yang dapat ditarik dari bagian-bagian sebelumnya (Kurniawan et.al, 2019). Untuk membantu Anda memeriksa Kesimpulan Anda, di bawah ini adalah elemen-elemen Kesimpulan.
Elemen Kesimpulan/gerakan retorika, Todorovic (2003):
Elemen Kesimpulan/gerakan retorika, Nair & Nair (2014):
Ahmady, Gholam, Mehrpour, Maryam, Nikooravesh, & Aghdas. (2016). Organizational Structure. Procedia – Social and Behavioral Sciences. 230. 10. 455-462. doi: 10.1016/j.sbspro.2016.09.057.
Hochberg, M. (2019). An Editor’s Guide to Writing and Publishing in Science. Oxford University Press.
Kurniawan, B. A., Warsono, Sutopo, D., & Fitriati, W.S. (2019). The Implementation of Effective Method for Writing Research Articles. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9). 1879-1883.
Nair, R.K.P, & Nair, D.V. (2014). Scientific Writing and Communication in Agriculture and Natural Resources. DOI: 10.1007/978-3-319-03101-9_2.
Todorovic, Ljubomir. (2003). Original (scientific) paper – the IMRAD layout. Archive of Oncology, 11(3). DOI:10.2298/AOO0303203T
Trinh, T.P.T., Tran, T., Nguyen T.T., Nghiem, T., Danh, N.N. (2020). Comparative Analysis of National and International Educational Science Articles in Vietnam: Evidence from the Introduction, Methods, Results, and Discussion Structure. European Journal of Education, 9(3), 1367-1376. DOI: 10.12973/eu-jer.9.3.1367.
Meilisa Sindy Astika Ariyanto. August 1, 2021.
Abstrak adalah kompilasi, ringkasan, atau penggambaran singkat dari sebuah teks lengkap yang mencakup aspek-aspek terpenting dari sebuah teks. Oleh karena itu, abstrak biasanya ditulis terakhir setelahmenyelesaikan bagian tubuh makalah selesai, sehingga dapat dimasukkan komponen-komponen utama dari teks Anda. Latar belakang, tujuan dan pernyataan tesis, metode, dan hasil adalah komponen-komponen yang terdapat dalam abstrak (Bailey, 2015). Komponen lain juga dapat mencakup kesimpulan setelah hasil penelitian (Pusat Penulisan SJSU, 2020). Memang, berbagai penerbit atau jurnal memiliki bentuk dan ketentuan abstrak masing-masing; Anda harus mengikuti standar mereka dan mencari tren dalam makalah yang diterbitkan dalam jurnal atau konferensi yang Anda lamar.
Abstrak akan menjadi hal pertama yang dibaca oleh pembaca. Abstrak berfungsi sebagai ringkasan sehingga pembaca mengetahui apa yang akan mereka baca (Booth et.al, 2016). Selain itu, abstrak juga dapat menarik pembaca untuk melanjutkan membaca teks secara lengkap atau tidak (Greeny & Lidinsky, 2015). Satu hal yang perlu diperhatikan, pembaca juga bisa menjadi editor. Mereka dapat menentukan apakah akan melanjutkan membaca naskah Anda hanya berdasarkan abstrak. Jadi, ada baiknya untuk mencurahkan upaya untuk membuat abstrak yang layak dan menarik.
Berdasarkan polanya, terdapat tiga jenis abstrak yaitu: CPM (Context, Problem, and Main point), CPL (Context, Problem, and Launching point), dan CPSM (Context, Problem, Summary, and Main point) (Booth et al, 2016). Ketiga pola abstrak ini menggunakan konteks dan masalah sebagai latar belakang untuk memperkenalkan mengapa penelitian ini penting. Namun, CPM diakhiri dengan poin utama yang dapat mencakup tujuan dan hasil penelitian (Baca Contoh Abstrak 1). Di sisi lain, pola CPL tidak memasukkan bagian hasil, namun lebih mengutamakan tujuan dan metode/tahapan untuk menarik pembaca. Ketiadaan bagian hasil dapat membuat pembaca penasaran untuk melanjutkan membaca makalah (Baca Contoh Abstrak 2). Berbeda dengan pola pertama dan kedua, pola CPSM memasukkan semua komponen (Konteks, Tujuan Masalah, Metode, Hasil, dan Poin Utama) sebagai sebuah ringkasan (Baca Contoh Abstrak 3); penulis lain mungkin mengenalnya dengan sebutan abstrak yang informatif.
Ada juga jenis abstrak lainnya yang diklasifikasikan berdasarkan bagaimana penggunaan strukturnya: abstrak terstruktur. Abstrak ini dapat dibedakan dengan mudah dari abstrak lainnya karena strukturnya yang unik. Abstrak ini memiliki label sebelum setiap bagian (misalnya Latar Belakang, Metode, Hasil, dan Kesimpulan). Beberapa jurnal mungkin meminta penulis untuk membedakan setiap label ke dalam beberapa baris atau paragraf, sementara jurnal lain mungkin masih ingin memasukkan label tersebut ke dalam satu paragraf abstrak (Lihat Contoh Abstrak 4). Semua penulis harus memperhatikan bahwa struktur abstrak harus selalu mengikuti pedoman jurnal, konferensi, atau penerbit.
Contoh Abstrak 1
CPM: Context, Problem, and Main Point
The study of the self-protective behaviours of dairy cows suffering dipteral insect infestation is important for evaluating the breeding environment and cows’ selective breeding (context of the previous research). The current practices for measuring diary cows’ self-protective behaviours are mostly by human observation, which is not only tedious but also inefficient and inaccurate (problem). In this paper, we show that an automatic monitoring system based on video analysis can more effectively analyse dairy cows’ self-protective behaviours and the living environment in the process of dairy cow breeding and management (main point).
Diambil dan disunting dari Li Jia, et.al. (2018).
Contoh 1 dimulai dengan konteks dari penelitian sebelumnya dan diikuti dengan masalah dari situasi ideal. Berdasarkan masalah tersebut, penulis memberikan solusi sebagai poin utama. Poin utama juga mencakup hasil penelitian “analisis secara efektif”. Dengan kata lain, abstrak ini mencakup:
Contoh Abstrak 2
CPL (Context, Problem, and Launching Point) or Descriptive Abstract
The study of the self-protective behaviours of dairy cows suffering dipteral insect infestation is important for evaluating the breeding environment and cows’ selective breeding (context of the previous research). The current practices for measuring diary cows’ self-protective behaviours are mostly by human observation, which is not only tedious but also inefficient and inaccurate (problem). In this paper, we develop an automatic monitoring system based on video analysis (aim). First, an improved optical flow tracking algorithm based on Shi-Tomasi corner detection is presented. Then, a detection algorithm is used to calculate the number of tail, leg, and head movements by using an artificial neural network. The accuracy range of the tail and head and the recall rate was analysed. (Launching point / method).
Salah satu cara untuk membuat pembaca penasaran adalah dengan menulis abstrak tanpa hasil. Namun, tidak semua jurnal atau penerbit menggunakan format ini. Selain itu, CPL dikenal sebagai abstrak deskriptif. Abstrak deskriptif tidak memberikan hasil dan kesimpulan penelitian. Abstrak ini menggabungkan kata-kata kunci yang ditemukan dalam teks dan dapat mencakup tujuan, metode, dan ruang lingkup penelitian. Secara ringkas, CPL meliputi:
Contoh Abstrak 3
CPS (Context, Problem, Summary, and or main point) or Informational Abstract
The study of the self-protective behaviours of dairy cows suffering dipteral insect infestation is important for evaluating the breeding environment and cows’ selective breeding (context of the previous research). The current practices for measuring diary cows’ self-protective behaviors are mostly by human observation, which is not only tedious but also inefficient and inaccurate (problem). In this paper, we develop an automatic monitoring system based on video analysis. First, an improved optical flow tracking algorithm based on Shi-Tomasi corner detection is presented. By combining the morphological features of head, leg, and tail movements, this method effectively reduces the number of Shi-Tomasi points, eliminates interference from background movement, reduces the computational complexity of the algorithm, and improves detection accuracy. The detection algorithm is used to calculate the number of tail, leg, and head movements by using an artificial neural network. The accuracy range of the tail and head reached [0.88, 1] and the recall rate was [0.87, 1] (summary / aim, method, and result). The method proposed in this paper provides objective measurements that can help researchers to more effectively analyze dairy cows’ self-protective behaviors and the living environment in the process of dairy cow breeding and management. (main point/ conclusion)
Diambil dari from Li Jia, et.al. (2018).
Tidak seperti Contoh Abstrak 1 dan 2, abstrak CPS mencakup semua elemen yang mungkin Anda temukan dalam makalah lengkap. CPS mencakup ringkasan tujuan, metode, dan hasil. Diakhiri dengan poin utama atau kesimpulan. Poin utama yang disertakan dalam Contoh 1 dan 3 serupa karena memberikan pembaca apa yang akan mereka temukan dalam makalah. Poin utama tersebut merupakan poin utama yang ingin diketahui oleh pembaca sebelum memutuskan untuk membaca teks lengkap atau tidak. Kesimpulannya, abstrak CPS mencakup:
Contoh Abstrak 4: Abstrak Terstruktur
Purpose: The purpose was to evaluate the use of Web-based library resources by third-year medical students.
Setting/Participants/Resources: Third-year medical students (147) in a twelve-week multidisciplinary primary care rotation in community and ambulatory settings.
Methodology: Individual user surveys and log file analysis of Website were used.
Results/Outcomes: Twenty resource topics were compiled into a website to provide students with access to electronic library resources from any community-based clerkship location. These resource topics, covering subjects such as hypertension and back pain, linked to curriculum training problems, full-text journal articles, MEDLINE searches, electronic book chapters, and relevant Websites. More than half of the students (69%) accessed the Website on a daily or weekly basis. Over 80% thought the Website was a valuable addition to their clerkship.
Discussion/Conclusion: Web-based information resources can provide curriculum support to students for whom access to the library is difficult and time consuming.
Diambil dari Tannery et.al. (2002)
Abstrak terstruktur memberikan label setiap bagian yang disertakan sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari dalam sebuah makalah. Tidak ada label pasti yang harus dimasukkan ke dalam abstrak terstruktur. Persyaratannya akan berbeda pada setiap konferensi atau jurnal.
There are many ways in writing an abstract. You may need to find what is best for you because everyone has different techniques. One thing to note, you need to always start by finding the main ideas of every section (Introduction, Method, Result, Discussion, and Conclusion) you have in your full paper. Some different strategies of writing an abstract can be seen on the link below:
Booth, C.W., Colomb, G.G., Williams.M.J., Bizup, J., & FitzGerald, T.W. (2016). The Craft of research (4th Ed.). Chicago: The University of Chicago Press.
Greene, S. & Lidinsky, A. (2015). From Inquiry to Academic Writing: A Practical Guide (3rd Ed). Bedford/St. Martin’s.
Jameson, A.R., & Kostinski, B.A. (2002). When is Rain Steady?. Journal of Applied Meteorology and Climatology. 41(1). https://doi.org/10.1175/1520-0450(2002)041<0083:WIRS>2.0.CO;2
Li, Jia., Wu, P., Kang, f., Zhang, L., Xuan, c. (2018). Study on the Detection of Dairy Cows’ Self-Protective Behaviors Based on Vision Analysis. Advances in Multimedia, Vol. 2018. https://doi.org/10.1155/2018/9106836
Sirithunge, C., Buddhika, G.A., Jayasekara, P., & Chandima, P. D. (2020). An Evaluation of Human Conversational Preferences in Social Human-Robot Interaction. Applied Bionics and Biomechanics. Vol. 2021. https://doi.org/10.1155/2021/3648479
SJSU Writing Center.2020. https://www.sjsu.edu/writingcenter/docs/handouts/Abstracts.pdf
Tannery, N. H., Foust, J. E., Gregg, A. L., Hartman, L. M., Kuller, A. B., Worona, P., & Tulsky, A. A. (2002). Use of Web-based library resources by medical students in community and ambulatory settings. Journal of the Medical Library Association : JMLA, 90(3), 305–309.
Meilisa Sindy Astika Ariyanto. October 8, 2021.
Plagiarisme adalah masalah serius dalam bidang akademik. Sangat penting untuk memahami bahwa plagiarisme adalah penggunaan atau penyalinan yang disengaja atas ide atau karya orang lain (Swales & Feak, 2012). Video di atas disajikan untuk membantu Anda memahami apa itu plagiarisme. Seperti yang disebutkan oleh White dalam video tersebut, Anda dapat melakukan plagiarisme secara tidak sengaja karena Anda tidak memiliki pemahaman yang cukup mengenai plagiarisme (ClickView, 2014). Anda juga dapat menghadapi konsekuensi yang berat jika Anda menjiplak seseorang, oleh karena itu, Anda harus memahami dan mencegah plagiarisme sebelum Anda mendapatkan masalah.
Untuk membantu Anda memahami lebih dalam tentang plagiarisme, beberapa situasi dapat digunakan sebagai contoh tentang bagaimana suatu teks dapat diidentifikasi sebagai plagiarisme. Beberapa situasi yang dapat dianggap sebagai plagiarisme dapat mencakup satu atau beberapa poin dari daftar berikut yang diambil dari Bailey (2015):
Informasi lebih lanjut tentang contoh plagiarisme dapat diakses di sini
Dengan informasi dan contoh-contoh plagiarisme yang disebutkan di atas, Anda seharusnya sudah memiliki gambaran tentang hal-hal apa yang merupakan plagiarisme, terutama di dunia pendidikan tinggi. Sudah saatnya Anda melakukan tindakan pencegahan ekstra saat berurusan dengan penggunaan karya orang lain. Belum lagi, praktik plagiarisme dapat dideteksi, terutama ketika Anda menemukan beberapa gaya penulisan dalam satu makalah, penulisan di luar topik, kutipan yang tidak terkait dengan topik tulisan, ide yang tidak koheren, atau adanya pemberian (Baggaley dalam Librero, 2012). Pembaca, editor, atau pengulas yang berpengalaman dapat dengan mudah menemukan praktik plagiarisme. Anda bisa mendapatkan konsekuensi yang berat jika terbukti menjiplak karya orang lain.
Plagiarisme dapat dideteksi dengan mudah, kita tidak boleh menganggap enteng masalah plagiarisme. Beberapa konsekuensi dapat terjadi karena kita tidak mengakui seseorang. Anda bisa saja gagal dalam suatu mata kuliah atau bahkan putus kuliah jika Anda berurusan dengan masalah plagiarisme (Bailey, 2015). Kami yakin tidak ada seorang pun yang ingin mengalami hal tersebut. Beberapa link di bawah ini akan membantu Anda memahami konsekuensi dari plagiarisme:
Banyak penelitian sebelumnya yang mengungkapkan bahwa mahasiswa kurangan informasi untuk memahami plagiarisme dan bagaimana cara menghindarinya (Voelker et al, 2012; Probett, 2011). Kondisi ini tentu saja umum terjadi di kalangan penulis pemula. Untuk membantu Anda menghindari plagiarisme, ada beberapa prinsip yang diadopsi dari Turabian (2013) yang perlu Anda perhatikan:
Strategi lebih lanjut untuk menghindari plagiarisme dapat dibaca di situs web berikut
ClickView. (2014, May 23). What is Plagiarism. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=-SoAISJrULw
Librero, F. Felix. (2012). Writing Your Thesis: A Practical Guide for Students. University of the Philippines Open University
Probett, C. (2011). Plagiarism prevention. Business Communication Quarterly, 74(2), 170-172.
Swales, M.J., & Feak, B.C. (2012). Academic Writing for Graduate Students: Essential Skills and Tasks (3rd Ed.). University of Michigan Press
Turabian, L. Kate. (2013). A Manual for Writers of Research Papers, Theses, and Dissertations. Rev. Ed. The University of Chicago Press
Voelker, T., Love, L., & Pentina, I. (2012). Plagiarism: What they don’t know. Journal of Education for Business, 87(1), 36-41.
Meilisa Sindy Astika Ariyanto. September 11, 2021.
Salah satu cara untuk menghindari plagiarisme adalah dengan mengutip. Sitasi adalah sebuah pengakuan atau penghargaan yang diberikan kepada ide orang lain yang kita gunakan (Librero, 2012). Mengutip adalah salah satu cara untuk menghindari plagiarisme dan merupakan ide penting dalam menjaga integritas akademik. Bersikap jujur terhadap karya orang lain dengan memastikan bahwa Anda telah mengutip seseorang dengan benar karena “ide orang lain diperlakukan sebagai kekayaan intelektual” (Geyte, 2013, p.101). Oleh karena itu, mengutip karya orang lain dengan benar akan membantu Anda mencegah plagiarisme, mendapatkan kepercayaan dari pembaca, dan mendapatkan nilai ilmiah atau nilai sosial (Booth et al., 2016). Untuk mengutip dengan benar, Anda harus memahami kutipan dalam teks dan kata referensi untuk merujuk pada ide orang lain.
Salah satu cara untuk mengutip sumber adalah dengan menggunakan kutipan dalam teks. Kutipan dalam teks dapat didefinisikan sebagai penempatan kutipan “segera setelah materi sumber-kutipan, parafrase, atau ringkasan” (exas A&M University Writing Center, n.d). Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa kutipan harus mengikuti gaya kutipan tertentu, seperti MLA, APA, atau IEEE. Sebelum mengirimkan artikel ke jurnal atau konferensi, sebaiknya Anda membaca panduan penulis. Anda dapat mengunjungi beberapa situs web di bawah ini untuk membantu Anda membedakan berbagai gaya kutipan.
Reporting verbs digunakan untuk merujuk pada karya seseorang. Ini adalah praktik yang umum di bidang penulisan akademis. Reporting verbs dapat ditulis dalam bentuk present tense untuk menunjukkan karya terbaru atau bentuk lampau untuk menunjukkan sumber di masa lampau (Bailey, 2015). Contoh kata reporting verbs dapat dilihat pada contoh berikut
Perhatikan kata-kata yang dicetak tebal pada contoh di atas (menyatakan, mendukung, dan menemukan). Kata-kata tersebut merupakan contoh kata reporting verbs. Kata kerja melaporkan “describe” misalnya, digunakan untuk menyatakan pernyataan Carla & Margareth tentang sesuatu. Sementara itu, “supports” digunakan untuk menyatakan keyakinan atau persetujuan Lagnan terhadap sesuatu. Sebagai kesimpulan, kata kerja pelaporan yang berbeda mungkin memiliki maksud yang berbeda, oleh karena itu, mengetahui bentuk dan makna kata kerja yang berbeda-beda dapat membantu Anda untuk menggunakannya dengan benar. Beberapa link di bawah ini menyediakan banyak daftar kata kerja pelaporan yang dapat Anda gunakan dalam tulisan Anda:
Geyte, V.E. (2013). Writing: Learn to Write Better Academic Essays. Harper Collins Publishers.
Librero, R. F. (2012). Writing Your Thesis: A Practical Guide for Students. UP Open University.
Meilisa Sindy Astika Ariyanto. August 28, 2021.
Mengutip adalah metode lain untuk menghindari plagiarisme. Menurut Geyte (2013), mengutip mengacu pada penggunaan kata-kata orang lain yang tepat dalam sebuah kutipan, yang sering dikenal sebagai ucapan langsung dalam tata bahasa Inggris. Berbeda dengan parafrase atau ringkasan, kutipan menggunakan kata-kata penulis yang tepat tanpa upaya meringkas atau memparafrasekan. Namun, perlu disebutkan bahwa kutipan juga harus menyertakan sumber kutipan. Jika Anda tidak mengutip sumber dengan benar, Anda dapat menghadapi tuduhan plagiarisme. Selain itu, ingatlah untuk menggunakan format kutipan yang relevan (MLA, APA, IEEEE, dll.). Contoh berikut ini menunjukkan bagaimana cara memasukkan kutipan ke dalam suatu bagian.
Contoh kutipan dalam format kutipan dalam teks gaya APA:
Seorang penulis pemula mungkin tidak mengerti tentang pentingnya pengutipan dalam menulis. Anna (2019) juga menyebutkan bahwa “80% mahasiswa baru di sebuah universitas gagal memahami pentingnya mengutip sumber”. Salah satu alasan yang disebutkan oleh Damian (2019) adalah “menyalin dan menempel telah menjadi praktik budaya di suatu negara”.
Untuk aturan lebih lanjut tentang format kutipan, kunjungi tautan di bawah ini
Sebelum mengutip, Anda harus memahami mengapa Anda mengutip kata-kata persis dari seseorang. Anda dapat menggunakan kutipan jika Anda berurusan dengan salah satu dari keadaan berikut yang disebutkan oleh Bailey (2015):
Setelah Anda mengetahui sumber yang ingin Anda kutip, Anda dapat mulai dengan menyalin kata yang tepat ke dalam tulisan Anda. Namun, ada beberapa aturan dasar yang harus Anda patuhi dalam mengutip. Diadopsi dari Greene & Lidinsky (2015), berikut ini beberapa aturan dasar yang dapat Anda ikuti:
Selain aturan di atas, ada beberapa aturan tanda baca yang harus Anda ikuti dalam mengutip. Silakan lihat aturan tanda baca yang diambil dari Bailey (2015) di bawah ini:
Quotation sandwich adalah istilah yang mengacu pada cara membingkai kutipan dalam teks Anda. Ada tiga elemen yang membentuk quotation sandwich: (1) kalimat pengantar, (2) kutipan, dan (3) penjelasan kutipan (Graff & Birkenstein, 2018). Beberapa contoh quotation sandwich (dalam gaya kutipan APA) adalah sebagai berikut
Untuk sumber lain tentang mengutip dan quotation sandwich, berikut adalah beberapa link yang dapat anda akses
Sama seperti pada halaman kutipan, mengutip juga membutuhkan reporting verbs. Lihat beberapa link di bawah ini untuk daftar reporting verb.
Graff, G. & Birkenstein, C. (2018). They say I say: The Moves that Matter in Academic Writing (4th Ed.) W.W Norton & Company.
Meilisa Sindy Astika Ariyanto. September 8, 2021.
Parafrase atau yang lebih dikenal sebagai kutipan tidak langsung berarti menulis ide seseorang dengan menggunakan kata-kata kita sendiri. Sangat penting untuk mempertahankan makna teks atau pemikiran asli ketika membuat parafrase. Richard & Schmidt (2010) juga mendefinisikan parafrase sebagai menulis dengan kata/frasa yang berbeda. Meskipun kita menggunakan kata-kata kita sendiri untuk mengekspresikan ide asli, parafrase tidak selalu menghasilkan teks yang lebih pendek (Hirvela & Du, 2013). Perlu dicatat bahwa parafrase berbeda dengan meringkas. Terakhir, kutipan yang benar untuk memberikan kredit kepada penulis harus disertakan (Monash University, n.d). Plagiarisme dapat terjadi jika Anda tidak mengutip sumber dengan benar.
Daftar di bawah ini menunjukkan kiat-kiat untuk memparafrasekan:
Untuk membantu Anda menyunting teks yang diparafrasekan, beberapa tips yang diadopsi dari Wallwork (2011) di bawah ini dapat digunakan.
Claim (verb)→ synonym → argue or assert
Liquid (Noun) → synonym → fluid
Analyze (verb)→ analysis (Noun)
Classify (verb) → classification (Noun)
Jika Anda memerlukan lebih banyak kiat untuk memparafrasekan dan memahami lebih lanjut tentang parafrase, pertimbangkan untuk mengunjungi beberapa tautan di bawah ini:
Hirvela, A., & Du, Q. (2013). ‘Why am I paraphrasing?’: Undergraduate ESL writers’ engagement with source-based academic writing and reading. Journal of English for Academic Purposes, 12(2), 87-98. https://doi.org/10.1016/j.jeap.2012.11.005
Klements, Kurtis. (2021). Patchworking. https://purdueglobalwriting.center/2021/01/29/patchwriting/
Richards, J.C., & Schmidt, R.W. (2010). Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics(4th Ed). Pearson Education.
The Writing Center; University of Wisconsin-Madison. (n.d). Quoting and Paraphrasing. https://writing.wisc.edu/handbook/assignments/quotingsources/
Wallwork, Adrian. (2011). English for Writing Research Papers. New York: Springer. Springer.
Meilisa Sindy Astika Ariyanto. August 11, 2021
Pernahkah Anda membaca sebuah paragraf atau teks dan mendapat kesan bahwa gagasan di antara kalimat-kalimatnya melompat-lompat dan tidak berhubungan? Dalam hal ini, mungkin ada masalah kohesi dalam teks tersebut. Kohesi dalam sebuah teks memberikan alur dan mengarahkan pembaca untuk mengikuti gagasan kita. Secara leksikal, teks dengan kohesi berarti teks tersebut disatukan oleh kata referensi atau kata penghubung (Bailey, 2015). Kohesi sangat penting karena dapat mengarahkan pembaca untuk mengikuti argumen kita dengan mudah. Sebaliknya, kurangnya kohesi pada sebuah teks dapat membingungkan pembaca dan menurunkan tingkat keterbacaan teks. Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan kohesi teks.
Kohesi dapat ditingkatkan dengan menggunakan beberapa strategi seperti menggunakan kata rujukan, konjungsi, pengulangan kata/ide, atau elipsis. Video di atas menjelaskan bagaimana Anda dapat meningkatkan kohesi dengan menggunakan kata ganti, penanda leksikal, pengulangan, atau kata benda anaforis (AWUC, 2015). Dua metode umum akan dibahas lebih lanjut di bawah ini.
Beberapa contoh kata rujukan adalah he, she, their, it, these, their, dll. Mari kita lihat contoh teks di bawah ini:
Contoh teks 1:
“Selama keadaan darurat COVID-19, banyak aktivitas manusia yang berbeda telah dimodifikasi atau dilarang. Pandemi ini telah membuat banyak orang di seluruh dunia tinggal di rumah untuk sementara waktu, sangat membatasi tindakan dan sayangnya kebebasan pribadi. Pembatasan ini diperlukan untuk menyelamatkan nyawa” (Caniato et.al., 2021)
Perhatikan bagaimana kata “pembatasan ini” digunakan. Kata ini merujuk pada ide dari kalimat-kalimat sebelumnya. Kata ini melekat dan menyatukan kalimat-kalimat tersebut karena jelas bagi pembaca bahwa “pembatasan ini” mengacu pada kegiatan yang dilarang selama pandemi Covid-19 yang membatasi orang dan kebebasan mereka.
Contoh teks 2:
“Velcro adalah pengikat kain yang digunakan pada pakaian dan sepatu. Ditemukan oleh seorang insinyur Swiss bernama George de Mestral. Idenya berasal dari mempelajari kait kecil yang ditemukan pada beberapa biji tanaman. Kait tersebut melekat pada hewan dan membantu menyebarkan benih. Velcro memiliki dua sisi, salah satunya ditutupi dengan kait kecil dan sisi lainnya dengan simpul. Ketika keduanya ditekan bersama, mereka membentuk ikatan yang kuat” (Bailey, 2015)
Paragraf di atas menunjukkan hubungan antar kalimat dengan menggunakan kata-kata referensi (digarisbawahi). Alih-alih mengulang kata Velcro pada kalimat kedua, penulis menggantinya dengan “It” untuk merujuk pada Velcro. Kedua, alih-alih menulis nama insinyur pada kalimat ketiga, penulis hanya menggunakan “nya”, untuk menunjukkan bahwa ia mengacu pada dirinya. Penting untuk dicatat bahwa Anda bisa menggunakan kata rujukan jika apa yang ingin Anda rujuk sudah jelas dan pembaca dapat dengan mudah menemukannya.
2. Kata penghubung atau kata penghubung
Kata penghubung digunakan berdasarkan fungsi bahasanya. Sebagai contoh:
Kata-kata ini dapat digunakan untuk membuat kalimat Anda tetap bersatu, sehingga memungkinkan pembaca untuk mengikuti alur logika Anda dengan mudah. Contoh penggunaan kata-kata ini dalam paragraf dapat dilihat di bawah ini.
Contoh Teks 3:
“Studi sebelumnya memperkirakan berbagai ketidakpastian dalam kematian dini yang disebabkan oleh polusi udara ambien (AAP) dari penggunaan energi di rumah tangga antara 73.000 hingga 511.000 (ref. 15). Namun, tidak satu pun dari studi ini yang melihat bagaimana emisi polutan udara atau kematian yang berasal dari rumah tangga didistribusikan di seluruh rumah tangga atau melacak sumber emisi lain ke konsumsi rumah tangga yang memicunya. Akibatnya, tidak jelas bagaimana kontribusi rumah tangga terhadap AAP dibandingkan dengan risiko kematian yang mereka hadapi.” (Rao et.al., 2021).
Strategi lain untuk meningkatkan kohesi dapat diakses melalui tautan berikut:
Caniato, M., Bettarello, F. & Gasparella, A. (2021). Indoor and Outdoor Noise Changes due to the COVID-19 Lockdown and their Effects on Individuals’ Expectations and Preferences. Scientific Reports, 11, 16533. https://doi.org/10.1038/s41598-021-96098-w
Rao, N.D., Kiesewetter, G., Min, J. et al. (2021). Household Contributions to and Impacts from Air Pollution in India. Nat Sustain. https://doi.org/10.1038/s41893-021-00744-0
Meilisa Sindy Astika Ariyanto. September 17, 2021.
Koherensi harus ditingkatkan untuk membangun kesatuan dalam sebuah teks. Jika kohesi berkaitan dengan seberapa lancar pikiran Anda mengalir dari satu kalimat ke kalimat berikutnya, koherensi mengacu pada seberapa logis struktur dan penyajian ide Anda. Sebuah paragraf dapat memiliki kohesi namun tidak memiliki koherensi. Sebagai contoh:
Contoh Teks 1
Alat bantu Automated Writing Evaluation (AWE) telah menjadi semakin populer, terutama di bidang pendidikan. Banyak mahasiswa di Indonesia, misalnya, mulai menggunakan AWE untuk membantu mengoreksi dan menyunting draf jurnal artikel mereka. Hal ini terjadi karena adanya umpan balik otomatis dari AWE, penjelasan mengenai kesalahan, dan layanan yang mudah digunakan. Jika mereka menganggap menulis itu penting, mereka mungkin akan menemukan banyak masalah dalam menulis. Oleh karena itu, banyak mahasiswa yang merasa alat ini sangat dibutuhkan untuk menyempurnakan draf mereka.
Contoh paragraf di atas membahas tentang AWE dan bagaimana AWE menjadi populer di bidang pendidikan. Untuk membahas topik dan membuat paragraf menjadi kohesif, beberapa kata penghubung dan referensi digunakan seperti, karena, jika, ini, dan dengan demikian. Meskipun menggunakan beberapa perangkat kohesif, paragraf ini tidak koheren. Cobalah untuk menemukan alasan mengapa kalimat-kalimat yang dicetak miring menyebabkan paragraf ini kurang koheren. Coba tonton video di bawah ini untuk membantu Anda menemukan jawabannya.
Untuk menciptakan kesatuan dan koherensi dalam teks Anda, ada tiga cara yang diadopsi dari Greene & Lidinsky (2015) yang dapat Anda jadikan acuan:
“Gunakan kata transisi untuk menghubungkan ide-ide dari kalimat yang berbeda”. Sama halnya dengan kohesi, untuk mencapai koherensi dapat dilakukan dengan menggunakan kata transisi atau kata penghubung seperti karena, meskipun, namun, selain itu, lebih jauh lagi, dan lain-lain. Satu hal yang perlu diperhatikan, kata-kata ini memiliki fungsi bahasa yang berbeda. Anda dapat membuat teks Anda menjadi tidak koheren dengan menggunakan kata-kata ini secara tidak tepat.
Untuk strategi lainnya dalam menciptakan koherensi dalam teks Anda, kunjungi tautan di bawah ini:
Skillcourse. (2019, October 12). Cohesion & Coherence. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=TDUgsLZzTTI
Meilisa Sindy Astika Ariyanto. September 21, 2021.
Apa yang dimaksud dengan paragraf? “Paragraf adalah sekelompok kalimat yang membahas satu topik” (Bailey, 2015). Topik tunggal ini lebih dikenal sebagai kalimat topik. Banyak ahli yang meletakkan kalimat ini di awal paragraf mereka, namun, seperti yang dikatakan oleh Booth et.al (2016), kalimat topik juga dapat muncul di kalimat terakhir paragraf.
Sebagai seorang penulis pemula, mungkin akan sulit untuk mengembangkan sebuah paragraf, apalagi sebuah karya tulis ilmiah. Anda mungkin juga akan kewalahan menulis banyak paragraf tanpa panduan dan pengalaman. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami bagaimana sebuah paragraf dapat dikembangkan mulai dari mengetahui bagian-bagian paragraf. Dalam menulis paragraf, ada struktur umum yang digunakan seperti kalimat topik, kalimat pendukung, dan kalimat penutup (Heard & Tucker, 2012).
Kalimat topik adalah ide utama dari sebuah paragraf. Penting untuk dipahami bahwa satu paragraf mencakup satu kalimat topik yang dikembangkan dari ide utama. Umumnya, kalimat topik muncul di awal kalimat pertama paragraf. Diadopsi dari Heard & Tucker (2012) ada 3 macam kalimat topik:
Contoh: Olahraga sangat bermanfaat.
Kalimat topik ini dianggap terlalu umum karena ada berbagai macam latihan yang tidak mungkin dijelaskan dalam satu paragraf.
Contoh: Melakukan plank selama tiga puluh menit sehari akan memperkuat sistem kardio-vaskular Anda sebesar tiga puluh persen.
Kalimat topik ini dianggap terlalu spesifik karena ada kemungkinan tidak ada yang bisa dikatakan untuk mendukung kalimat ini.
Contoh: Tingkat kepemilikan mobil di India bervariasi berdasarkan status sosial.
Topik ini dianggap memadai karena Anda dapat mengembangkannya dengan variasi yang disebutkan dalam kalimat topik.
Di antara ketiga contoh tersebut, kalimat topik yang memadai tentu saja adalah kalimat yang diinginkan. Beberapa tautan di bawah ini dapat membantu Anda belajar mengembangkan kalimat topik:
Kalimat pendukung lebih spesifik daripada kalimat topik. Kalimat-kalimat ini dikembangkan berdasarkan kalimat topik, sehingga Anda tidak dapat memasukkan ide-ide baru yang tidak termasuk dalam kalimat topik. Beberapa detail yang bisa Anda masukkan untuk mengembangkan ide pendukung, seperti:
Beberapa ide untuk mengembangkan rincian ini ke dalam paragraf Anda dapat diakses melalui tautan berikut:
Kalimat penutup digunakan untuk menandakan akhir paragraf Anda. Kalimat ini bersifat opsional dan tidak harus ditulis di setiap paragraf. Dalam makalah akademis, kita mungkin menemukan kalimat penutup di paragraf terakhir pada bagian Pendahuluan, atau mungkin dalam tinjauan pustaka. Kalimat penutup dapat membantu Anda meringkas poin-poin Anda atau sebagai perangkat kohesif yang dapat menghubungkan ide Anda dengan paragraf berikutnya (The University of Sydney, n.d).
Secara keseluruhan, beberapa tautan di bawah ini dapat digunakan jika Anda ingin meningkatkan keterampilan Anda dalam menulis paragraf
Booth, C.W., Colomb, G.G., Williams.M.J., Bizup, J., & FitzGerald, T.W. (2016). The Craft of research (4th Ed.). The University of Chicago Press.
Meilisa Sindy Astika Ariyanto. August 31, 2021.
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memberikan presentasi di konferensi internasional. Jika Anda menghadiri konferensi untuk pertama kalinya, Anda mungkin akan merasa frustasi karena hanya memiliki waktu 15-20 menit untuk mempresentasikan seluruh hasil karya Anda. Untuk menarik perhatian pendengar Anda dalam waktu singkat, diperlukan perencanaan yang cermat dan matang. Anda juga harus menyadari bahwa pendengar di sebuah konferensi berbeda dengan pembaca. Untuk mempresentasikan karya Anda secara lisan, Anda harus menggunakan strategi yang berbeda. Sebagai contoh, gunakan pendekatan yang menarik dan mudah didengar dalam menyajikan poin-poin dengan jelas dan singkat untuk setiap bagian dari makalah Anda
Anda mungkin tidak dapat mempresentasikan semua hal dalam makalah Anda, jadi fokuslah pada esensi dari bagian-bagian (Pendahuluan, Metode, Hasil, dll.) dalam presentasi Anda. Berikut beberapa poin yang diadaptasi dari Turabian (2013) yang dapat digunakan
Pada awalnya, Turabian (2013) menyebutkan tiga fokus yaitu:
Anda juga dapat menggunakan poin-poin asli ini untuk presentasi Anda, terutama jika Anda memiliki waktu yang lebih singkat untuk presentasi. Kesimpulannya, presentasi Anda harus jelas, eksplisit, dan singkat namun terorganisir. “Susunlah ide-ide Anda secara runtut dan ungkapkan ide-ide Anda dengan jelas” (Barker, 2010). Alih-alih memasukkan teks yang panjang dalam presentasi Anda, buatlah frasa yang menggambarkan setiap poin di atas menggunakan poin, poin-poin, atau grafik SmartArt.
Setelah Anda memiliki esensi dari makalah Anda, Anda dapat mempersiapkannya:
Tidak seperti tulisan Anda, presentasi Anda lebih bersifat informal, jadi ada beberapa pertimbangan yang dapat Anda gunakan saat presentasi:
Barker, A. (2010). Improve your communication skills (2nd Ed.). KoganPage.
Turabian, L. Kate. (2013). A Manual for Writers of Research Papers, Theses, and Dissertations. (Rev. Ed.). The University of Chicago Press.
Tuhovsky, I. (2018). 21 Days of Effective Communication: Everyday Habits and Exercises to Improve Your Communication Skills and Social Intelligence. Positive Psychology Coaching Series.
Meilisa Sindy Astika Ariyanto. Oktober 21, 2021